Label

Kamis, 16 April 2015

Latihan Jurnalistik Bagi PMI? No Problem Tuh, Sudah tak zamannya spesialisasi, Kebutuhan Masyarakat Kompleks Guys.. !!


Sabtu, 11/04/2015 - Alhamdulillah, satu agenda lagi kami dapat melaksanakan dengan sukses dan lancar, kegiatan ini merupakan "Latihan Dasar Jurnalistik". Agak aneh kiranya kenapa justru jurusan Pengembangan Masyarakat Islam menyelenggarakan kegiatan ini, mungkin kegiatan LDJ ini lebih cocok dengan jurusan tetangga yaitu Komunikasi Penyiaran Islam, tapi justru kami menepis semua itu, bahwa kemampuan menulis itu berhak dimiliki oleh semua orang.
Kegiatan LDJ tersebut dimulai dari jam 09.00 - 17.00 WIB dengan rangkaian materi jurnalistik yang dibagi menjadi 4 materi diantaranya yaitu materi peliputan dengan pemateri dari SKM Amanat Walisongo yaitu Saudara Rohman, materi penulisan dengan pemateri dari LPM MISSI yaitu Saudari Farida, kemudian materi penulisan sastra dengan pemateri dari Beranda Sastra LPM yaitu Saudari Dina Kamalia, dan materi layout majalah dengan pemateri dari HMJ PMI sendiri yaitu Saudara Nafissulhaq.



Materi Peliputan
"Rohman" dari SKM Amanat UIN Walisongo Semarang

Materi Penulisan
"Farida" LPM MISSI Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Materi Penulisan Sastra
"Dina Kamalia" Beranda Sastra LPM Edukasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Materi Layout
"Nafissulhaq" Layouter Majalah Gema Pembaruan
(Ketua HMJ Pengembangan Masyarakat Islam Masa Jabat 2015-2016

Syukur Alhamdulillah peserta LDJ antusias dalam mengikuti kegiatan, meskipun mengalami beberapa kendala baik teknis maupun non teknis seperti acara yang semula dijadwalkan dimulai jam 08.00 WIB akan tetapi karena beberapa kendala kemudian acara baru dimulai jam 09.00, akan tetapi peserta tetap semangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan. 


Suasana Ketika
Materi LDJ Disampaikan
Lalu setelah keempat materi selesai disampaikan barulah kami membuat suatu keredaksian dan merapatkan Rencana Tindak Lanjut tentang apa yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa PMI sebagai bentuk implementasi dari ilmu yang didapatkan dari acara tersebut, karena teori tanpa aksi itu dapat dikatakan hal yang sia-sia. Karena menjadi pengembang masyrakat merupakan salah satu profesi yang bekerja murni sosial untuk masyarakat yang secara tidak langsung menuntut seorang Pengembang Masyarakat untuk serba bisa dalam hal apapun yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu sebagai seorang Mahasiswa, kita juga dituntut untuk dapat menulis, bahkan riset atau penelitian yang juga merupakan kombinasi dari ilmu lapangan dan menulis, maka sangat perlu bagi Mahasiswa untuk dapat mengetahui Tips-trik menulis yang baik,

Ketua Jurusan
Pengembangan Masyarakat Islam
Ahmad Faqih, S.Sos.I., M.Si.
Mengutip pernyataan dari Ketua Jurusan PMI, Ahmad Faqih, S.Sos,I,, M.Si. ketika memberikan sambutan dan membuka acara tersebut, "saya sangat mendukung acara ini, sekarang ini dengan visi UIN Walisongo yang mengedepankan kesatuan ilmu pengetahuan, mahasiswa tidak dituntut menjadi seorang spesialis, yang artinya spesialis pada bidang tertentu, mahasiswa PMI jangan hanya belajar tentang PMI, tapi cobalah kuasai juga ilmu-ilmu yang lain dan kita sinergikan dengan PMI"  

Memang sih, kegiatan yang berlangsung dari pagi hari ini memiliki tujuan umum untuk memberikan kemampuan menulis mahasiswa PMI, sedangkan tujuan khususnya adalah memberikan pembekalan bagi mahasiswa PMI untuk membentuk suatu keredaksian media yaitu Buletin online. Buletin Online tersebut nantinya merupakan media online untuk menyuarakan apapun aspirasi, berita, artikel, dan lain sebagainya yang berasal dari individu-individu mahasiswa PMI. Dengan site ini sebagai lahan bagi kami untuk mempertunjukkan karya kami, semoga mampu mendongkrak nama PMI yang merupakan jurusan baru di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, tentunya ini juga menjadi tantangan bagi kami untuk semakin melebarkan sayap kami agar eksistensi PMI meningkat bukan hanya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, di Lingkungan UIN Walisongo, tetapi juga di lingkungan masyarakat luas. Aamin.
Berikut merupakan beberapa cuplikan gambar-gambar yang sempat terpotret ketika acara.




Foto Peserta yang mendapat hadiah dari Farida (PU LPM MISSI) karena tulisan mereka.
Dari Kiri, M. Abduh Hudzaifah, Nikmah Baroroh, Abdul Halim, Nur Jannah, Farida (PU LPM Missi),

Begitulah kurang lebih acara Latihan Dasar Jurnalistik (LDJ) HMJ Pengembangan Masyarakat yang dapat kami deskripsikan. Semoga menjadi inspirasi dan suntikan semangat bagi semua mahasiswa PMI dimanapun agar lebih mencintai jurusan ini. Karena "Jangan tanya PMI akan memberimu apa? Tapi coba tanya pada dirimu sendiri apa yang dapat kamu berikan untuk  PMI? Dan sesungguhnya ketika kamu mampu membesarkan PMI, bukankah otomatis kamu juga akan menjadi besar?"

Oleh : Muhammad Nafissulhaq
 Ketua Umum HMJ Pengembangan Masyarakat Islam 2015/ 2016





0 komentar:

Posting Komentar