Label

Sabtu, 09 April 2016

FORMAT (Forum Diskusi Masyarakat) Pengembangan Masyarakat Islam/ PMI

 
Banyak sekali mahasiswa jurusan PMI UIN Walisongo Semarang meragukan atas jurusan yang dijalaninya, mereka beranggapan setelah lulus itu mau kerja apa ?. Hal ini dikarenakan belum ada lulusan dari PMI itu sendiri, dari jurusan tersebut pun merupakan jursuan yang baru dibuka  pada tahun 2013 sehingga saat ini belum ada lulusan/ alumni dari PMI yang kiprah rillnya di Masyrakat menjadi apa. 
     Maka dari itu, dari HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Dep. Litbang (Penelitian dan Pengembangan) mengadakan suatu forum diskusi untuk membahas Jurusan PMI dengan narasumber dari sekertaris jurusan PMI itu sendiri yaitu bapak Agus Riyadi M.S.I. Dalam diskusi tersebut beliau Bapak Agus bebicara "Kalian dalam mengambil jurusan PMI ini tidak usah bingung setelah lulus mau jadi apa ?, karena dalam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, Jurusan PMI ini sebagai pelengkap dari 3 jurusan lainnya yaitu KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam), BPI (Bimbingan Penyuluhan Islam) dan MD (Manajemen Dakwah). Kalian bisa mengatasi problem-problem yang ada di masyarakat seperti keagamaan, kemiskinan seperti penyuluhan kemiskinan, kesehatan lingkungan seperti alam yang rusak dan manusia yang merusak”. Beliau menerangkan apa yang bisa dilakukan ketika lulus dari PMI.
Dalam penerangannya yang lain juga beliau berkata “Dinas sosial juga disana membutuhkan seorang pekerja dari jurusan PMI seperti dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk dakwah siaga bencana yang ketika ada bencana di suatu daerah dan pemetaan terhadap daerah-daerah yang berpotensi terkena bencana, dari PMI-lah yang berkiprah. Walaupun konsentrasi dari PMI UIN Walisongo Semarang hanya Kesehatan Lingkungan, Tapi untuk angkatan 2015 dst itu sudah ada tambahan konsentrasi, jadi sudahlah tidak usah bingung dalam mencari pekerjaan ketija lulus nanti”.
Beliau juga menganjurkan dari mahasiswa PMI untuk membuat tim sosial dan mencari tempat dinas sosial untuk melakukan PKL (praktek kerja lapangan) walaupun tidak dibayar, karena semua itu untuk chanel kerja ketika kita lulus. Jadi nanti kita mudah dan cepat dalam mencari pekerjaan. (30/3)


Mahasiswa mendengarkan penjelasan dari bapak Agus

0 komentar:

Posting Komentar